Selasa, 25 Desember 2012

metode pendinginan pada ikan

        Metode pendinginan pada ikan adalah suatu proses pengawetan ikan dengan menggunakan suhu rendah, yaitu -1°C sampai -5°C. istilah pendinginan pada perikanan disebut chilling dimana tujuan dari chilling adalah menghambat kegiatan mikroorganisme dan proses-proses lainnya yang terdapat pada ikan sehingga ikan tetep dalam kondisi segar dampai jangka waktu yang lama.

        Cara termudah, praktis, dan tidak membutuhkan banyak biaya yang besar adalah menggunakan es, tetapi pendinginan dengan es merupakan hal yang tidak efisien. sebab suhu udara yang panas dapat mencairkan es dengan cepat. untuk itu kita membutuhkan mesin pendingin agar es tidak mencair dan proses pendinginan dapat dilakukan secara meyakinkan pada suhu 0°C atau lebih rendah.

         Ada 2 cara pendinginan, yaitu menggunakan bahan pendingin homogen ( misalnya udara dingin, es ) dan yang menggunakan bahan pendingin heterogen ( campuran es + garam, penggunaan es yang dihancurkan ). pada cara kedua, penggunaan bahan pendingin heterogen, tidak digunakan satu jenis bahan melainkan 2 atau ebih bahan pendingin.

          Pendinginan ikan dengan bahan pendingin campuran air dingin + es, kegunaan air agar permukan tubuh ikan dengan bahan pendingin dapat merata, dan kegunaan es dimaksudkan supaya suhu dapat dipertahankan teteap pada suhu rendah. faktor yang perlu diperhatikan jika es digunakan sebagai bahan pendinginan adalah kualitas air yang digunakan untuk pembuatan es  harus sudah mengalami suatu perlakuan untuk mengurangi jumlah bakteri sebanya mungkin atau membuat air menjadi bebas dari mikroba. pengurangan jumlah bakteri dalam air dapat dilakukan dengan cara mensterilisasi dengan menambahkan bahan-bahan kimia tertentu, misalnya dengan cara klorinasi.

          Metode pendinginan dengan udara dingin atau disebut juga dengan istilah Chilling in cold air. cara ini tidak jauh beda dengan cara pendinginan dengan menggunakan es. sebab pelaksanannya antara es dengan uadara dingin dikombinasikan menjadi satu, sehingga tercipta suatu keadaan yang bena baik untuk melakukan pengawetan pada ikan. ikan yang akan di awetkan diberi hancuran es dan disusun secara berlapis-lapis di dalam suatu ruangan atau peti khusus penyimpanan. kemudian didalam peti atau ruangan tersebut dialiri udara dingin agara temperatur tetap rendah dan tak berubah. pendinginan ikan ini merupakan salah satu proses yang umum digunakan untuk mengatasi masalah pembusukan ikan, baik selama penangkapan, pengangkutan, maupun penyimpanan sementara sebelum diolah menjadi produk lain. keuntungan yang diperoleh dari proses pendinginan ikan adalah bahwa sifat asli ikan relatif tidak berubah seperti tekstur, rasa, bau dsb terutama pada jenis ikan tuna, tenggiri, bawal, kakap dan lemuru. Oleh karena itu ikan yang belum mengalami proses apapun masih dapat dianggap sebagai ikan segar. selain itu pendinginan adalah cara termurah, cepat dan efektif. 

1 komentar:

  1. terimakasih infonya mengenai mesin regrigerasi :D

    kami juga jual chest freezer lho :D

    BalasHapus